studikustatistik

Statistical Product and Service Solution (SPSS)

In statistic on September 9, 2008 at 11:21 am

studiku

Tidak dapat tampik bahwa pasaran software pengolahan data di dunia dikuasai produk SPSS corp dengan dua produk yang paling terkenal yaitu SPSS dan AMOS. Software statistik ini pertama kali dibuat tahun 1968 oleh tiga mahasiswa Stanford University, yang dioperasikan pada computer mainframe. Pada tahun 1984, SPSS pertama kali muncul dengan versi PC dengan nama SPSS/PC4- dan sejalan dengan mulai populernya system operasi Windows, SPSS pada tahun 1992 mengeluarkan versi SPSS for Windows, SPSS for linux dan SPSS for Mac, kemudian semakin melengkapi produknya dari tahun ke tahun sampai sekarang. SPSS under Windows populer di Indonesia dengan SPSS Versi 6, kemudian versi 7.5, versi 9, versi 10, versi 11.5, versi 12, versi 13, versi 15 dan versi 16, hingga release yang terbaru versi 17.

 

Untuk memahami cara kerja software SPSS, berikut dikemukakan empat proses dan cara kerja komputer dengan menggunakan SPSS dalam mengolah data.

EXEL

 

Untuk memudahkan dalam input data ke dalam komputer akan lebih praktis menggunakan microsoft exel windows Komputer. Data diimput ke dalam exel sebagai langkah awal berfungsi untuk sortir, ranking, dan numbering. Jika langsung menggunakan program SPSS dalam input data akan sulit disortir dan akan terasa menjadi ribet. mengolah data menjadi informasi yang berarti.

SPSS DATA EDITOR

 

Setelah selesai input data ke Exel langkah selanjutnya membuka program SPSS dan copy data ke dalam Data Editor. Fungsi Data Editor adalah menentukan 4 kolom utama yaitu:

  • Variable Type. Umumnya data dikategorikan ke dalam nominal dan string.
  • Decimals. Menentukan berapa desimal atau angka di belakang koma yang akan diberikan.
  • Label. Nama variabel yang akan diberikan.
  • Values. Umumnya value data diberkan pada tipe ordinal.

EKSEKUSI DATA EDITOR

 

Proses ini yang paling utama dilakukan yaitu melakukan langkah pengolahan data yang sesuai dengan metode yang dipakai seperti, perintah hitung frekuensi, crosstab, statistik inferensial, uji korelasi, asumsi klasik, regresi, dan sebagainya.

SPSS OUTPUT

 

Merupakan hasil dari pengolahan data, dari output tersebut dapat memberikan kesimpulan statistik yang ingin dicapai seperti penerimaan atau penolakan hipotesis.

studiku

  1. […] Statistical Product and Service Solution (SPSS) […]

Comments are closed.

%d bloggers like this: