studikustatistik

Asal Mula Sejarah Regresi (The history origin of regression)

In statistic on September 10, 2008 at 10:14 am

studiku

Regresi diperkenalkan oleh Francis Galton dalam makalah (Family in Stature, Processing of Royal Society, London, vol.40, 1886), yang mengemukakan bahwa meskipun ada kecenderungan bagi orang tua yang tinggi mempunyai anak-anak yang tinggi dan bagi orang tua yang pendek untuk mempunyai anak-anak yang pendek, distribusi tinggi suatu populasi tidak berubah secara mencolok (besar) dari generasi ke generasi.

 

Pembahasannya bahwa ada kecenderungan (tren) bagi rata-rata tinggi anak-anak dengan orang tua yang mempunyai tinggi tertentu untuk bergerak atau mundur (regress) ke arah tinggi rata-rata seluruh populasi. Hukum regresi semesta (law of universal regression) dari Galton diperkuat oleh Karl Pearson (Biometrika, vol.2, 1903), yang menyimpulkan lebih dari seribu data tinggi anggota kelompok keluarga. Pearson mengumpulkan bahwa rata-rata tinggi anak laki-laki kelompok ayah yang tinggi kurang dari tinggi ayah mereka dan rata-rata tinggi anak-anak laki-laki kelompok ayah pendek lebih besar dari tinggi ayah mereka. Mundurnya (regressing) anak laki-laki yang tinggi maupun yang pendek serupa ke arah rata-rata tinggi semua laki-laki.

 

Analisis regresi berkenaan dengan studi ketergantungan satu variabel yaitu variabel tidak bebas atau variabel tergantung (dependent variable) pada satu atau lebih variabel lain yaitu variabel yang menjelaskan (explanatory variables) dengan maksud menaksir atau meramalkan nilai rata-rata hitung (mean) atau rata-rata (populasi) variabel tak bebas, dipandang dari segi yang diketahui atau tetap (constant).

studiku

  1. […] Asal Mula Sejarah Regresi (The history origin of regression) […]

Comments are closed.

%d bloggers like this: